Struktur Folder Command Line Mikrotik

Maksud dari Struktur Folder Command Line Mikrotik disini adalah bukan folder yang digunakan untuk menyimpan sebuah data, tetapi hanya istilah yang digunakan untuk menyebut struktur perintah di Mikrotik yang diibaratkan seperti sebuah folder

Saat Andalogin pertamakali Mikrotik, maka Anda akan berada di root folder, ditandai dengan bentuk prompt [admin@Mikrotik] >. Admin berarti kita login sebagai user admin sedangkan 'Mikrotik' menunjukkan bahwa kita login di router dengan nama Mikrotik (nama bisa dirubah sesuai dengan keinginan)

Jika kita sering mengubah IP address, tentu akan sering mengetikan perintah IP address add address. Untuk mempersingkat kita bisa pindah ke folder ip, caranya ketikan ip <Enter> maka saat ini prompt berubah menajdi [admin@Mikrotik]/ip>.

Jika ingin lebih dalam lagi, bisa mengetikan perintah 'address' sehingga prompt berubah menjadi [admin@Mikrotik] /ip address>. Untuk mundur satu folder, ketikan .. (tanda titik dua kali) maka prompt akan berubah menjadi [admin@Mikrotik] /ip>.

Selanjutnya bila Anda ingin kembali langsung ke root folder, ketikan tanda / (garis miring) sehingga prompt berubah menjadi [admin@Mikrotik]> dan kita telah kembali ke root folder
Add comments
Hide comments

0 Response to "Struktur Folder Command Line Mikrotik"

Post a Comment