Cara Mudah Menambahkan Google Costum Search ke Blogspot

Apa sih Google Costum Search itu ?, menurut saya sih Google Costum Search itu adalah sebuah layanan yang bisa membantu pengunjung dalam melakukan pencarian artikel didalam web/blog yang kita miliki. Bila fungsi Google Costum Search (CSE) ini ditambahkan kedalam web/blog yang kita miliki maka pengunjung website kita akan lebih mudah menemukan artikel yang dicarinya karena hasil pencarian yang ditampilkan ke pengunjung itu akan sesuai dengan keyword atau kata kunci yang dia masukan.

Misal ada seorang pengunjung blog yang sedang mencari sebuah tutorial photoshop tentang cara memerahkan bibir, nah bila blog kita dilengkapi dengan CSE maka pengunjung blog kita tidak perlu menuliskan judul artikel secara spesifik pada kotak pencarian blog karena, dengan Google Costum Search ini pengunjung akan diberi hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dia masukan seperti layaknya sebuah mesin pencari.

Sebelum membuat Google Costum search buatlah laman baru di blog. Nanti laman tersebut akan diisi oleh script dari CSE yang fungsinya untuk menampilkan hasil pencarian

Berikut adalah Cara Mudah Menambahkan Google Costum Search ke Blogspot

1. Masuk ke situs cse.google.com. Pilih New Search Engine maka nanti akan muncul form seperti dibawah ini. Isikan nama blog atau situs anda kemudian kilik Create.
 
cse google
 



2. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada tampilan berikut. Pilih Control panel untuk melakukan pengaturan 
 
control panel
 
3. Dibagian ini anda harus mengeset layout dari search engine anda. Pilih save & Get Code
 
layout
 

4. Pilih Search Results Details dan masukan alamat Blog anda. Pada bagian ini ada dua script yang harus kita copy.Script pertama untuk form pencariannya dan script kedua untuk hasil pencariannya. Bila form pencarian diblog anda sudah tersedia maka anda tidak perlu mengcopy script pertama, anda tinggal klik next : Get code lalu copy scriptnya dan pasang di laman blog yang telah anda buat sebelumnya 
 
form1

5. Namun bila memang form pencariannya belum ada, anda bisa mengcopy script pertama dan menempatkannya ditempat yang sesuai diblog. Bila telah selesai anda bisa Pilih Next Code untuk mendapatkan script kedua. Silahkan copy script kedua dan tempatkan di Laman baru diblog anda, jangan lupa juga pada saat akan menambahkan script ini ke laman blog, pastikan modenya berada dalam mode html bukan compose. 
 
contoh kode



6. Untuk blog yang memang templatenya sudah menyediakan form search maka anda bisa melakukan edit html pada template lalu temukan kode form search. Bila sudah ketemu anda bisa mengarahkan bagian actionnya ke laman blog anda.
 
form search
 

7. Terakhir anda bisa langsung menguji cobanya. Masukan sebuah kata kunci di form untuk mencari, bila berhasil maka nanti anda akan diarahkan pada laman blog yang bertugas untuk menampilkan hasil pencarian. 
 
mengetest pencarian

hasil dari pencarian
 








Add comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mudah Menambahkan Google Costum Search ke Blogspot"

Post a Comment