Pentingnya Membackup Artikel Blog


Blogging memang adalah kegiatan menyenangkan dan tentu saja para blogger yang sudah lama melakukan kegiatan blogging pasti blognya sudah memiliki banyak artikel sehingga sebenarnya kita perlu menyediakan backup dari artikel blog kita untuk berjaga – jaga dari hal – hal yang tidak diinginkan seperti misal blog terkena hack, ataupun hal lainnya yang membuat blog kita musnah.  
Baik itu blog berplatform blogger atau wordpress maka sangat penting sekali bagi pemilik blog untuk membackup artikel – artikelnya, backup ini bukan dalam format MS. Word namun dalam format lain yang disediakan oleh platform blog masing – masing misal kali ini saya menggunakan blog dengan platform blogger maka biasanya file backup artikelnya akan disimpan dalam format xml.


Blogger sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk backup artikel blog. Cara backupnya adalah sbb :

1. Masuk ke account blog. Pilih menu Setelan -> Lainnya -> Klik Ekspor Blog 
Ekspor blog

2. Klik Unduh Blog 


Proses Ekspor Blog Tahap Kedua



3. Kemudian simpan file dalam format xml tersebut di drive komputer Anda 



filexml blogger yang akan disimpan

Bila sewaktu – waktu Anda mengalami masalah dengan blog yang Anda miliki, misal terkena hack, atau mungkin akan berpindah dan membuat blog baru atau berpindah ke platform lain seperti wordpress maka, Anda hanya cukup mengimport file XML tersebut ke blog baru Anda dan semua artikel yang terdapat dalam blog lama Anda akan langsung disimpan kedalam blog baru Anda. Tentu saja cara ini lebih mudah, cepat dan efisien dibandingkan bila kita menyimpan backup blog dalam bentuk/format MS.Word yang tentu saja itu akan membutuhkan banyak waktu karena, file dalam bentuk MS.Word harus ditambahkan secara satu persatu ke dalam blog. Sekian saja artikel saya tentang Pentingnya Membackup Artikel Blog 

 Semoga bermanfaat....
Show comments
Hide comments

1 Response to "Pentingnya Membackup Artikel Blog"

  1. Wah, kalo ngga diingetin lewat artikel ini malah ga akan tahu nih pentingnya nge-back up blog sendiri. Terakhir saya nge-back up blog itu untuk ganti template. Setelah itu ngga pernah sadar pentingnya back up. Abis baca postingan ini langsung take action deh nge-back up blog. Siapa yang tahu kan apa yang akan terjadi sama blog kita ke depan?

    Oh ternyata untuk kepentingan pindah platform juga bisa ya... misal dari blogger ke wordpress, bisa dipake langsung data back-up yang dari platform blogger, begitu? Anyway, thanks infonya ya :-)

    ReplyDelete